fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Yuk Bertasbih, Ringan Diucapkan tapi Berat Timbangannya di Akhirat

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Bertasbih adalah sesuatu yang mudah dilakukan setiap saat, namun berat di timbangan amalan. Bahkan dengan bertasbih 100 kali dalam sehari, ibarat melakukan kebaikan seribu kali dalam sehari.

Kalimat tasbih yang dimaksud adalah bacaan “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim”.

Melansir dari Ar-Rohmah Tahfizh, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

ADVERTISEMENT

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu ‘Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim’ (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung)”. (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Sa’d bin Abi Waqash bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada para sahabat dalam suatu majelis:

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Resep Coto Makassar Ala Mercure Hotel

Adakah di antara kalian yang mampu mengerjakan seribu kebaikan dalam sehari?” Tidak ada sahabat yang menjawab. Semua merasa tidak sanggup melakukan amalan sebanyak itu dalam sehari.

Seorang sahabat lalu memberanikan diri bertanya balik kepada Rasulullah SAW:

Bagaimana (bisa) seseorang di antara kami mengerjakan seribu kebaikan dalam sehari, wahai Rasulullah?

ADVERTISEMENT

Menjawab hal itu, Rasulullah SAW lalu bersabda:

Jika seseorang bertasbih 100 kali dalam sehari, maka akan dicatat baginya seribu kebaikan atau dihapuskan darinya seribu kesalahan” (HR Muslim).

Tasbih menurut definisi para ulama adalah memurnikan Allah dari segala sifat buruk dan kekurangan, dengan mengatakan subhanallah, Mahasuci Allah.

Tasbih termasuk amalan yang sangat mudah, tapi sarat pahala. Sebagai bagian dari zikir, tasbih bisa dilakukan kapan pun dan di manapun, tidak mesti di masjid dan tidak harus dalam keadaan suci.

Baca juga:  Turunkan Atlet Muda di Porprov XVII, Tim Panahan Pangkep Target 1 Medali Emas

Tasbih bisa dilafalkan dalam perjalanan pergi atau pulang kerja, di kantor, rumah, pasar, tempat olahraga, dan lain sebagainya.

Dalam Al Quran Surah as- Sajadah ayat 15 menjelaskan bahwa:

Tasbih adalah amalan para nabi dan orang-orang beriman. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diingatkan dengan ayat-ayat, Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih dengan memuji Rabb mereka, sedangkan mereka tidak menyombongkan diri“.

Adapula Al Quran Surah at-Taghabun ayat 1 yang artinya:

Bahkan, seluruh alam semesta, yang di langit, bumi, dan di antara keduanya, sejatinya mereka semua bertasbih kepada Allah tanpa henti. Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Hanya kepunyaan Allahlah semua kerajaan dan pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu“.

Baca juga:  Yuk Perbaiki, Ini Cara Sujud yang Benar

Selain itu, orang yang bertasbih juga ditanamkan baginya kurma di surga. Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi, maka baginya disiapkan tanaman pohon kurma di surga“. (HR Ibnu Hibban).

Bertasbih juga menyelamatkan dari keburukan. Inilah yang dialami oleh Nabi Yunus AS seperti diceritakan dalam Alquran. Nabi Yunus yang ditelan ikan besar diselamatkan oleh Allah berkat tasbih yang beliau ucapkan.

Seperti yang disebutkan dalam Al Quran Surah ash-Shaffat ayat 143-144, yang artinya:

Maka sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kiamat“.

Kalimat tasbih yang diucapkan cukup pendek dan mudah diingat, tetapi sarat pahala dan berat timbangan amalannya. Yuk, bertasbih!

Baca berikutnya: Ini 7 Kesalahan dalam Sujud yang Harus Diketahui

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT