fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Masa Jabatan Komisioner KPU Makassar Akan Berakhir, Sisa 2 Pekan Lagi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Masa jabatan 5 Komisioner KPU Makassar periode 2018-2023 akan berakhir pada tanggal 24 Desember 2023 mendatang atau akhir bulan ini.

“Sesuai masa tugas, kan ada 7 daerah. Termasuk KPU Makassar berakhir 24 Desember 2023,” kata anggota KPU Sulsel, Romi Harminto, Senin (4/12/2023).

Adapun 5 Komisioner KPU yang masa jabatan berakhir. Mereka adalah Farid Wajdi (Ketua KPU), Endang Sari, Abd Rahman, Gunawan Mashar, dan Muhammad Abdi Goncing telah dilantik untuk menggantikan Romy Harminto (PAW).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Fotografer DP Raih Juara Nasional Fujifilm 4th Bali Photo Awards

Menurut Romi uji kepatutan dan kelayakan terhadap 70 calon KPU di tujuh daerah oleh KPU Sulsel, telah usai sejak tanggal tanggal 2 Desember kemarin.

Kini hasil dari fit and proper test sudah diserahkan kepada KPU RI, kemudian pusat menentukan 5 nama masing-masing di tiap daerah yang akan ditetapkan sebagai komisioner KPU periode 2024/2029.

Baca juga:  Ditolak di Mandala, Deklarasi Gibran Sebagai Pendamping Prabowo Digelar di Jalan Pettarani

Romi menuturkan bahwa pengumuman 5 besar KPU terpilih akan disampaikan KPU RI sebelum tanggal 24 Desember, hal ini mengingat komisioner terpilih akan dilantik dan serah terima jabatan nantinya.

ADVERTISEMENT

“Kemarin sudah fit and proper test calon KPU di 7 daerah. Hasil kami serahkan ke KPU RI dan diumumkan sebelum tanggal 24 Desember 2023. Karena usai pelantikan akan ada serah terima sama komisioner lama,” jelasnya.

Baca juga:  Leonard Eben Ezer Dilantik Jadi Staf Ahli Kejagung, Siapa Pengganti Kajati Sulsel?

Romi yang juga membidangi divisi data KPU Sulsel menambahkan, saat dilakukan fit and proper test, pihak KPU Sulsel lebih banyak mempertanyakan soal komitmen dan kesiapan calon KPU untuk hadapi Pemilu 2024 dan pilkada nantinya.

“Saat fit nad propertest, kami mempertanyakan pendalaman, kesiapan baik mental, fisik. Bukan hanya kepemiluan tapi soal kesiapan dari peserta calon komisioner menjabat,” tukasnya

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT