fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Politikus Inggris Sebut Boris Johnson Kemungkinan Besar Kembali Jadi PM

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Politik Inggris kembali bergelora. Setelah Liz Truss mengumumkan pengunduran diri, beramai-ramai orang memprediksi siapa yang kelak akan menggantikannya dan memprediksi seperti apa kebijakan baru dalam menata ulang apa yang telah ‘diporakporandakan’ Truss dalam 44 hari memimpin.

Baru Menjabat 45 Hari, Liz Truss Mundur Sebagai PM Inggris Karena Gagal Pulihkan Ekonomi

Sementara Rishi Sunak dan Penny Mordaunt disebut-sebut sebagai calon yang memungkinkan untuk mengisi posisi PM baru, banyak sumber yang menyebut bahwa Boris Johnson juga ‘sangat mungkin’ kembali menjadi calon PM.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo Dorong Lidmi Jadi Motor Penggerak Pemuda

Segelintir pendukung Johnson, yang terpaksa mengundurkan diri sebagai pemimpin Konservatif pada Juli atas desakan parlemen karena beberapa skandalnya, berharap ia kembali berkuasa. Sementara itu, Sunak disebut-sebut ‘sangat mungkin’ bisa meraih posisi PM kali ini setelah sebelumnya kalah dari Truss.

Mereka yang ingin mengisi posisi PM harus mendapatkan 100 suara dari anggota parlemen Konservatif yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri dalam kontes.

Baca juga:  Tegaskan Belum Ada Deklarai Cawapres untuk Anies, Ali: Banyak Variabel yang Harus Dipertimbangkan

Anggota parlemen Konservatif Paul Bristow mengatakan di Radio LBC bahwa kemungkinan besar Johnson akan kembali meraih jabatan PM.

ADVERTISEMENT

“Boris Johnson adalah karakter yang ditakuti Partai Buruh, Boris Johnson dapat memenangkan pemilihan umum berikutnya,” katanya.

Truss mengundurkan diri pada Kamis ((20/10). Ia menjadi perdana menteri Inggris yang memiliki jabatan paling singkat. Ia berhenti setelah inisiatif perpajakan dan ekonominya mengguncang pasar keuangan dan menyebabkan pound Inggris anjlok.

Baca juga:  Kasus Cinta Mega yang Main Game Slot di Rapat, PDIP DKI Bakal Putuskan Sanksi

Ketika peringkat persetujuannya jatuh, beberapa anggota parlemen Tory mendesak Truss untuk mengundurkan diri. Truss sempat menolak untuk melakukannya, mengatakan kepada BBC minggu ini bahwa dia akan bertahan.

ADVERTISEMENT

Pengganti Truss akan mengambil alih kepemimpinan di tengah krisis energi yang diperburuk oleh dukungan Inggris untuk Kiev dalam konflik Rusia-Ukraina.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT