fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Rahman Bando Imbau Warga Teliti Beli Hewan Kurban

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, mengimbau warga Kota Makassar teliti saat membeli hewan kurban.

Rahman Bando mengungkapkan, selama tiga hari terakhir, DPP yang tergabung dalam Tim Terpadu Pemeriksaan Kesehatan Hewan (T2PKH) menyasar sejumlah tempat penjualan hewan kurban di Kota Makassar.

Sejauh ini T2PKH telah memeriksa 2.497 ekor sapi dan kambing. Sementara yang layak kurban 2.086 ekor. Berarti ada 411 ekor tidak layak kurban.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Deng Ical dan Forum CSR ke Jeneponto - Bantaeng Salurkan Bantuan Korban Longsor

“Sebagian besar yang kami dapati tidak cukup umur. Ada juga cacat mata katarak, pincang, sakit di telinga juga scrotum tidak sempurna,” ungkap Rahman ke Layar.news, Sabtu (25/7)2020.

Rahman mengatakan, warga yang hendak membeli hewan kurban sebaiknya memastikan hewan tersebut memiliki surat pemeriksaan kesehatan hewan sebagai bukti telah diperiksa oleh T2PKH.

Baca juga:  Masjid 99 Kubah Difungsikan Tahun Depan

“Teliti ki’ sebelum membeli, sebaiknya beli hewan kurban yang punya surat kesehatan yang dikeluarkan Dinas (DPP). Kalau tidak ada surat, kami tidak bisa menjamin kelayakannya,” ujar Rahman.

ADVERTISEMENT

Setiap satu hewan kurban memiliki satu surat keterangan yang memiliki nomor identitas yang sama dengan nomor tanda yang tertera di bagian tubuh masing-masing hewan.

Lebih lanjut ia menegaskan, pemeriksaan ini tidak dipungut biaya, alias gratis.

Baca juga:  Hari Ini Total Positif Corona di Indonesia 172 Pasien

“Jika ada warga atau penjual yang ingin hewan kurbannya diperiksa kesehatannya, silahkan hubungi kami, gratis, sudah kewajiban kami memberi pelayanan kepada masyarakat,” terang Rahman.

ADVERTISEMENT

Diketahui, TP2KH ini terdiri dari DPP Pemkot Makassar, Prodi Kedokteran Hewan Unhas, Fakultas Sains dan Teknologi UINAM, Fakultas Pertanian Unibos, dan PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Cabang Sulselbar.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Afdalyana Rachman: Tagline ‘Makassar Apa Kabar?’ Bisa Buat Perempuan Terkesimah

Afdalyana Rachman: Tagline ‘Makassar Apa Kabar?’ bakal calon Wali Kota Makassar, Amri Arsyid bisa buat perempuan terkesimah.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT