fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Rebranding, Intel Tinggalkan Nama Prosesor Core i3/i5/i7/i9 Menjadi Core 3/5/7/9

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS – Intel melakukan rebranding atau mengganti nama prosesor andalannya dengan meninggalkan nama i3/i5/i7/i9 dan menggantinya dengan Core 3/5/7/9.

Menurut Intel, perubahan ini dimulai dengan generasi prosesor Meteor Lake dan dilakukan untuk membuat penamaannya lebih sederhana dan sesuai dengan permintaan konsumen. Meskipun hanya menghilangkan huruf ‘i’, ini merupakan perubahan besar karena Intel telah menggunakan penamaan tersebut selama lebih dari satu dekade.

Baca juga:  WhatsApp Web dan Desktop Kini Bisa Edit Foto, Begini Caranya

Selain itu, Intel juga menambahkan varian prosesor baru dalam skema penamaan ini, yaitu “Ultra” untuk varian prosesor kelas atas seperti Intel Core Ultra 9. Namun, penamaan ini tetap akan diikuti dengan kode-kode kompleks di belakangnya, seperti Intel Core 9 1300AB.

ADVERTISEMENT

Intel memastikan bahwa baik prosesor Core maupun Core Ultra dapat dipasangkan dengan chip grafis Intel Arc. Namun, hingga saat ini, Intel belum merilis prosesor baru dengan penamaan ini.

Baca juga:  Kedapatan Mata-matai Pengguna, Facebook Pecat 52 Karyawannya

Skema penamaan yang baru tetap menggunakan angka yang lebih besar untuk menunjukkan performa yang lebih tinggi. Varian Core Ultra akan memiliki kecepatan dan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan varian Core.

Beberapa pihak berpendapat bahwa perubahan skema penamaan ini dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari masalah-masalah yang ada dalam lini prosesor Intel.

ADVERTISEMENT

Menurut XDA-Developers, seri prosesor Meteor Lake untuk desktop sebenarnya telah dibatalkan dan yang akan dirilis nanti menggunakan arsitektur Raptor Lake (Intel gen 13). Dengan mengganti namanya, prosesor versi desktop tersebut akan terlihat seperti prosesor baru.

Baca juga:  Mulai Pekan Depan HP Android Lawas Tak Bisa Akses Youtube dkk

Sebelumnya, Intel juga pernah “mendaur ulang” prosesor dengan memberikan nama baru. Sebagai contoh, beberapa chip Raptor Lake sebenarnya adalah chip Alder Lake, seperti Core i3-13100 yang mirip dengan i3-12100.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT