fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Awas, Ini Bahaya Kurang Tidur Bagi Otak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Tidur merupakan salah satu aktivitas dibutuhkan tubuh. Tidur sangatlah penting untuk menjaga kondisi tubuh. Namun, masyarakat modern sering menyepelekannya.

Rata-rata kebutuhan tidur setiap orang setidaknya 7 sampai 8 jam per hari. Namun, sering kali seseorang, mungkin termasuk Anda, mengorbankan waktu tidur. Baik untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau hanya bermain ponsel pintar untuk menjelajah di dunia maya.Padahal, kurang tidur dapat berdampak buruk pada tubuh terlebih otak.

Ya, kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan kognitif, termasuk dalam proses belajar, berpikir, dan memecahkan masalah. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat Anda sulit mengingat sesuatu yang telah Anda pelajari.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kebiasaan Dapat Memengaruhi Persediaan ASI

Para peneliti telah menemukan bahwa akibat kurang tidur dapat menyebabkan kewaspadaan dan konsentrasi otak menurun.

Dalam dunia medis, kondisi gangguan berpikir akibat otak yang kelelahan ini sering disebut sebagai brain fog. Tapi Anda mungkin lebih familiar dengan istilah lemot. Otak yang lemot membuat Anda kesulitan mengambil keputusan penting.

Selain karena konsentrasi dan fokus otak yang memburuk, akibat kurang tidur, ingatan juga perlahan memburuk. Pasalnya, selama Anda tidur, saraf-saraf dalam otak yang menyimpan ingatan punya kesempatan memperbaiki diri.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Arti Kedutan Mata Kanan, Primbon Vs Medis

Sebuah penelitian baru juga menemukan, orang yang sering sulit tidur di masa muda cenderung lebih mudah mengalami gangguan daya ingat di usia tuanya.

Pada penelitian yang dilakukan di Amerika ini, para peneliti menemukan bahwa tidur dapat membantu daya ingat dan proses belajar.

Tidur memiliki peranan penting dalam proses pembentukan suatu ingatan atau memori. Saat Anda memasuki fase tidur dalam, maka otak akan mengulang kembali semua pengalaman atau hal yang Anda alami di sepanjang hari, memutarnya kembali, dan menguatkan hal tersebut agar Anda pun dapat mengingatnya di kemudian hari.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ternyata Melamun Bermanfaat, Ini Ulasannya

Walaupun banyak orang merasa bahwa tidur sama dengan membuang-buang waktu, akan tetapi sebenarnya tidak demikian. Tidur yang cukup telah banyak dihubungkan dengan kesehatan mental yang lebih baik, meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan menurunkan resiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang serius.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

1 Lagi Korban Longsor di Toraja Utara Ditemukan, Basarnas Nyatakan Tak Ada Lagi Orang yang Dicari

Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu lagi korban longsor di Toraja Utara. Sehingga 2 korban yang sebelumnya dicari sudah ditemukan.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT