fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jurus Jitu Cegah Kolesterol Meningkat Usai Lebaran

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Lebaran identik dengan hidangan berlemak dan bersantan yang lezat. Tak heran, kolesterol dalam tubuh pun berisiko meningkat setelah momen spesial ini. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. 

“Setelah berpuasa selama sebulan, biasanya saat lebaran kita kalap menyantap berbagai hidangan. Mulai dari yang manis, asin, hingga berbagai menu olahan daging yang menggiurkan,” tulis pesan edukasi yang dilansir dari akun resmi Instagram Pemkot Makassar, Sabtu, 13 April 2024.

Baca juga:  Teknik Jitu Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil, terutama setelah Lebaran. Hal ini agar kondisi kesehatan tetap terjaga. “Eiits…tapi jangan ki’ jadikan kebiasaan. Kembali ki’ jaga pola makan setelah berlebaran. Biar sudah ki’ Lebaran, tapi tidak Lebar-an,” lanjut peringatan kesehatan tersebut.

ADVERTISEMENT

Berikut beberapa cara tepat mencegah kolesterol meningkat setelah Lebaran. Kurangi asupan gorengan. Gorengan adalah makanan yang tinggi minyak, penyebab lemak sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan bila berlebihan. Kurangi makanan mengandung tinggi lemak. 

Baca juga:  Hal yang Mesti Disiapkan Penderita Diabetes Sebelum Berangkat Haji

Hindari makanan bersantan, gorengan, dan daging merah berlebihan. Pilih protein tanpa lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan. Gunakan teknik memasak yang lebih sehat, seperti rebus, kukus, atau panggang. Perbanyak konsumsi sayur mayur agar lebih sehat.

Rutin berolahraga dan hindari diet serampangan. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi atau penyakit kronis, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat. Dokter mungkin akan meresepkan obat penurun kolesterol jika diperlukan.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT