fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

PKK Sulsel Sulap Lahan Kosong Jadi Tujuan Agrowisata

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – Tim Penggerak PKK Sulsel bekerjasama dengan OPD lingkup Pemprov Sulsel, menyulap lahan kosong di kawasan Gedung Olahraga Sudiang menjadi tujuan agrowisata.

Lahan tersebut ditata dengan baik dan bisa dikunjungi masyarakat secara umum.

Aneka tanaman yang sebelumnya ditanam oleh pengurus TP PKK Sulsel di lahan tersebut, bahkan telah dipanen. Seperti talas, melon, semangka dan cabe, Senin (27/10) 2020.

Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin mengatakan, sejauh ini PKK hanya bisa berkolaborasi dengan seluruh OPD, untuk mewujudkan hal tersebut. Dan apa yang telah dilakukan oleh PKK, mendapat apresiasi dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang sebelumnya juga pernah berkunjung ke lokasi tersebut.

“Sampai sejauh ini, gubernur senang melihat pemanfaatan lahan yang tidak tertata dengan baik,” ujarnya, disela-sela panen.

Ia menjelaskan, talas menjadi salah satu komoditi yang ditanam di atas lahan seluas lima hektare tersebut.

Selain karena termasuk komoditi ekspor, talas memiliki manfaat sebagai obat kanker, dengan kandungan anti oksidan dan kolagen yang sangat tinggi.

“Jangan diekspor semua. Kita harus manfaatkan. Orang Jepang itu, tiap hari makan talas,” ungkapnya.

Menurut Lies, pemanfaatan lahan kosong, khususnya pekarangan rumah, harus disosialisasikan. Ia berterima kasih kepada Dinas Pertanian Sulsel, yang memberikan anggaran Rp 80 juta per kabupaten, untuk membuat percontohan tanaman pekarangan.

“Ke depan, di tempat ini, juga akan dibangun Rumah Sehat, yang anggarannya dari Dinas PU. Ada juga kolam ikan, dari Dinas Perikanan. Jadi akan lengkap disini,” paparnya.

Peran PKK, lanjut Lies, hanya sebagai motivator, fasilitator, dan penyuluh.

Iapun telah meminta ke Ketua PKK Kabupaten/Kota, untuk memasukkan apa yang dibutuhkan.

“Kita sudah panen talas, melon, semangka, dan cabe. Kita berharap menjadi tempat agrowisata disini. Insyaallah tahun depan sudah dianggarkan,” imbuhnya.

Ke depan, tambah Lies, lokasi tersebut akan menjadi tempat edukasi. Ada lima hektare lahan yang dikelola PKK, dan akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

“Bisa dikunjungi secara umum, masyarakat bisa datang kesini,” tutup Lies.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Persoalan Sita Perhatian Saat Momen Mudik Lebaran di Sulsel: Macet Hingga SPBU Jorok

Pj Gubernur Sulsel soroti sejumlah hal yang mesti dibenahi momen mudik lebaran seperti jalan macet hingga SPBU jorok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT