fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Presiden Jokowi Harap, SPAL Losari Picu Kesadaran Masyarakat Soal Pencemaran Lingkungan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 22 Februari 2024. Jokowi menekankan pentingnya sistem itu untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan. 

Serta meningkatkan kualitas air dan kesehatan bagi masyarakat. “Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Kamis siang. 

Baca juga:  Cadangan Beras Pemerintah Tersalurkan ke Masyarakat Sulsel, Segini Jumlahnya

Selain itu, SPAL-DT yang dibangun dari tahun 2019 hingga tahun 2023 dengan biaya Rp1,2 triliun tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar. 

ADVERTISEMENT

Apalagi, sistem tersebut dapat memberikan manfaat nyata bagi rumah tangga sekitar. “Berkapasitas 16 ribu meter kubik per hari dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 km dan bisa melayani 41 ribu kepala keluarga,” ungkap Presiden.

Baca juga:  Wali Kota Ucapkan Terimakasih Capaian Makassar Juara Umum  Porprov Sulsel XVII

Presiden Jokowi berpesan agar pengoperasian SPAL-DT tersebut menjadikan penanganan air limbah di Kota Makassar makin terintegrasi. Tidak hanya itu, kualitas lingkungan dan taraf hidup masyarakat Kota Makassar juga makin meningkat.

“Kota Makassar makin bersih, kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku makin baik dan masyarakat makin sehat dan produktif,” Presiden Jokowi menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT