fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ribuan Galon Air Zamzam untuk Jemaah Haji Embarkasi Makassar Tiba di Sudiang

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menerima ribuan galon air Zamzam dari Tanah Suci Makkah, pada Senin, 12 Juni 2023, meskipun masa kepulangan Jemaah haji atau Debarkasi masih jauh.

Air Zamzam ini kemudian ditampung di Aula Asrama Haji Sudiang Makassar.

Salah seorang Panitia Pembantu PPIH di Embarkasi Makassar Abdullah mengatakan air zamzam yang tiba ini akan dibagikan kepada para jamaah haji yang melalui embarkasi sepulang menunaikan ibadah haji di tanah suci.

ADVERTISEMENT

Abdullah menyebut sampai saat ini pihak PPIH Embarkasi Makassar baru menerima 3 kali pengiriman dari pihak Maskapai Garuda Indonesia sejak penerbangan haji memasuki Gelombang Kedua, jumlahnya​​ ​​dalam satu galon itu berisi 5 liter dan setiap jamaah akan mendapat jatah 1 galon tanpa ada pungutan biaya.

Baca juga:  Ganggu Pengelolaan Pasar Butung, Perumda Pasar Makassar akan Laporkan ke Polda Sulsel

“Dari 3 kali pengiriman Air Zamzam dari Maskapai Garuda ke PPIH di Asrama Haji Sudiang Makassar, tercatat 6.791 Galon Zamzam, dan Panitia Haji Daerah yang sudah mengambil Jatah Air Zamzamnya sudah ada dua yakni Makassar sebanyak 1.160 Galon dan Kolaka Sultra 366 Galon, jadi yang tersisa saat ini sebanyak 5.265 galon.

Baca juga:  Delapan Pembangunan di Sulsel Masuk Program Strategis 2023

Menurut Koordinator Humas PPIH Embarkasi Makassar, Mawardi Siradj, pemberian air Zamzam gratis bagi jemaah haji Indonesia terkait dengan adanya larangan kepada jemaah haji untuk membawa pulang air Zamzam. Kondisi itulah yang membuat maskapai Garuda Indonesia beberapa tahun yang lalu untuk membagikan air suci ini secara percuma-cuma,

ADVERTISEMENT

Selain sebagai souvenir khusus dari maskapai Garuda juga menjamin keselamatan penerbangan jemaah haji. Menurutnya dikhawatirkan kemasan zamzam yang dibawa penumpang tidak cukup baik sehingga akan pecah saat ditumpuk dengan barang-barang lain di atas pesawat.

Baca juga:  Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulsel Rancang Strategi Komunikasi Stunting

Dia mengatakan cairan tersebut bisa saja merembes ke luar tas dan kemudian merembes ke area-area krusial, seperti kabel pesawat.

“Air Zamzam ini didatangkan khusus oleh pihak Maskapai Haji saat Memasuki Penerbangan Gelombang kedua, dimana saat meninggalkan Embarkasi di Indonesia, pesawat membawa Jemaah haji dan saat kembali membawa air zamzam,” kata Mawardi.

ADVERTISEMENT

Dikatakan jika setiap satu orang jemaah haji di Embarkasi Makassar mendapatkan jatah 1 galon maka dapat diperkirakan bahwa pihak maskapai menyiapkan sekitar 16.923 galon.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT