fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Senjata Bantuan Barat untuk Ukraina Dijual ke Pasar Gelap, Ada Peluncur Roket Presisi Tinggi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut senjata bantuan negara Barat untuk Ukraina sudah masuk pasar gelap. Senjata-senjata itu dikhawatirkan jatuh ke tangan penjahat, bahkan teroris.

Pernyataan itu disampaikan Putin saat bertemu kepala badan keamanan dan layanan khusus negara-negara persemakmuran atau pecahanan Uni Soviet (CIS), Rabu (26/10/2022).

Dia mendesak kepada peserta untuk meningkatkan kerja sama guna mengatasi dampak penggunaan senjata-senjata tersebut oleh kelompok teroris. Putin menegaskan kondisi ini menjadi tantangan serius.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Danny Pomanto Larang ASN Pemkot Makassar Hidup Hedon

Kelompok kriminal lintas batas, lanjut Putin, terlibat dalam penyelundupan senjata dari Ukraina ke wilayah lain. Senjata yang disebutnya bukan jenis kecil, melainkan sistem peluncur roket berpresisi tinggi.

“Ada risiko berkelanjutan para penjahat mendapatkan senjata lebih kuat, termasuk sistem pertahanan udara portabel dan senjata presisi,” kata Putin, dikutip dari RT.

Sebelumnya Duta Besar (Dubes) Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia memperingatkan pejabat Ukraina sudah membuka jalan untuk mengirim senjata yang dipasok negara Barat ke pasar gelap global.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ketua DPRD Rudianto Lallo Ajak PMTI Sinergi Bangun Makassar

Pejabat tinggi militer negara Barat menegaskan hampir tidak mungkin untuk melacak ke mana saja senjata seharga miliaran dolar AS itu berakhir.

Hal senada disampaikan pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) Sean O’Donnell yang mengatakan sulit untuk melacak senjata-senjata itu karena Ukraina masih menggunakan cara analog untuk mendeteksinya.

CBS News melaporkan, sekitar 70 persen senjata yang dipasok ke Ukraina tidak sampai ke garis depan karena harus melewati jaringan kekuasaan, oligarki, serta pemain politik.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT