fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Vaksinasi Lansia di Makassar Lambat, Ini Sebabnya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengungkapkan progres vaksinasi lansia cukup lamban.

Ia menjelaskan, hal ini terjadi karena adanya penolakan personal dan keluarga yang cukup tinggi.

“Memang lansia ini bukan hanya Makassar yang progresnya sangat kecil, semua provinsi di Indonesia terkendala pada vaksinasi lansia,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Vaksinasi Covid-19 bagi lansia berjalan paling lambat. Padahal lansia merupakan kategori yang sangat rentan.

Baca juga:  Polemik RT/RW di Makassar, Dewan Nilai Lurah Mampu Tampung Aspirasi Warga

Tercatat per 6 September, jumlah vaksinasi lansia baru mencapai 26.916 atau 26,57 dari target 101.286 orang. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan vaksinasi petugas publik yang realisasinya bahkan sudah melewati target, yaitu mencapai 362,15 persen atau 442.370 dari target 122.125, atau tenaga kesehatan yang target terkecil mencapai 15.840 namun realisasinya sudah mencapai 87,81 persen atau sebanyak 13.909.

Baca juga:  Membandel, Pemkot Makassar Tutup Kawasan Kuliner Lego-lego

Nursaidah mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya. Seperti melakukan program drive thru khusus lansia. Namun selang sebulan program berjalan, tak ditemukan peningkatan yang signifikan.

ADVERTISEMENT

“Kita lakukan di PIPO (drive thru) kemarin. Sebulan kita lakukan, peningkatan juga sangat sedikit,” lanjutnya.

Nursaidah berharap, agar lingkungan keluarga lansia ikut mendukung pelaksanaan vaksinasi. Selama ini, kerabat dianggap ikut berperan menolak vaksinasi terhadap lansia.

Baca juga:  Pembangunan Stadion Mattoanging Bakal Kuras APBD Rp250 Miliar

“Setelah kita lihat evaluasinya ternyata tidak hanya lansianya, dari anak sendiri yang orang tuanya tidak mau divaksin, kita sudah, Pemkot sudah fasilitasi, apapun caranya agar lansia mau datang divaksin,” katanya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT