fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

VAR Kemungkinan Bakal Dipakai di Babak Championship Liga 1

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Serangkaian uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) telah dilaksanakan oleh PSSI dan penyelenggara Liga 1 Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Ada 13 wasit VAR, 22 Asisten wasit VAR serta 18 Replay Operator (RO) ikut ambil bagian dalam uji coba ini.

Instruktur wasit FIFA asal Malaysia, Subkhiddin Mohd Saleh mengatakan, serangkaian uji coba penerapan VAR berjalan dengan lancar, sehingga sudah bisa digunakan pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023-2024.

Baca juga:  Wali Kota Danny Usul Atlet Sulsel Buat Aliansi, Ini Tujuannya

“Kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan. Hasilnya sangat baik dan saya katakan lulus,” kata Subkhiddin dilansir dari laman resmi PT LIB, Sabtu, 30 Maret 2024.

ADVERTISEMENT

Uji coba penerapan VAR diikuti puluhan wasit digelar di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, pada 23 hingga 26 Maret 2024. Dalam uji coba ini, para peserta mengikuti berbagai skenario pertandingan dan situasi yang memerlukan intervensi VAR agar keputusan yang diambil tepat.

Baca juga:  2 Negara Bakal Uji Coba Kekuatan Timnas Indonesia Jelang Piala Asia U-23

Uji coba ini menjadi langkah penting dalam memperkenalkan teknologi VAR ke dalam kompetisi sepak bola. Dengan melibatkan para wasit VAR, AVAR, dan Replay Operator, diharapkan penggunaan VAR dapat memberikan kontribusi positif dalam meminimalisir kesalahan dalam pertandingan sepak bola.

“Diharapkan melalui uji coba ini, para wasit dan replay operator akan semakin terampil dalam menggunakan teknologi VAR untuk memastikan keputusan yang diambil selama pertandingan sepak bola menjadi lebih akurat dan adil,” ungkap Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Kapolda dan Pj Gubernur Sulsel Tinjau Langsung Daerah Bencana Kabupaten Luwu

Wilayah terdampak longsor dan banjir Luwu yang terisolasi Pj Gubernur Sulsel, meninjau langsung dan menyalurkan bantuan
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT