fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pemicu Harga Beras di Sulsel Naik, Pemerintah Pikir Stok Jelang Ramadan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad bersama Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Sulselbar, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Sulsel dan Makassar, telah mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok yang naik. 

Salah satu yang ditinjau adalah Pasar Maricayya. Di sana, mereka menemukan bahwa harga pangan yang harganya melonjak adalah beras. Hal ini menurut Arsjad, disebabkan penurunan produksi akibat kekeringan yang berkepanjangan. 

Baca juga:  Zikir dan Doa Akbar Kebangsaan Bakal Menggema di Masjid 99 Kubah Makassar

“Biaya produksi saat ini juga mengalami peningkatan, sehingga tentu mempengaruhi juga harga pada komoditi-komoditi tertentu,” kata Arsjad, usai peninjauan dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Sabtu, 24 Februari 2024. 

ADVERTISEMENT

Arsjad menjelaskan, ada kecenderungan dimana pedagang itu langsung turun ke daerah-daerah produsen. “Kita ini kan daerah sentra, jika melihat dari harga Sulsel sebenarnya kita masih lebih rendah dari harga rata-rata nasional,” jelasnya.

Baca juga:  Belum Dapat Bantuan, Tim Tinju Sulsel Upayakan Mandiri Fasilitas Latihan Jelang PON Aceh-Sumut

Terkait harga beras, Arsjad mengungkapkan, meskipun ada pembatasan kuota 2 ton per toko, namun pihak Bulog sudah memberikan ruang untuk memesan kembali jika habis. “Tentu ini yang kita harapkan bisa berjalan terus sampai batas kondisi harga stabil,” ucapnya.

“Disamping itu kita juga tetap menggalakkan gerakan-gerakan pangan murah untuk upaya stabilisasi harga. Dan ini juga kita akan mengantisipasi dalam menghadapi momen puasa Ramadan, Idul Fitri ke depan, dan ini tentu kita tetap berusaha untuk memastikan ketersediaan bahan pangan kita bisa tercukupi,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea Terindeks Scopus

(Sumber foto: DDCTNews)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT