fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pemprov Sulsel: Ada 75 Ribu Lebih Sapi Siap Diqurbankan Lebaran Tahun Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi melepas petugas kesehatan hewan qurban di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Selasa, 20 Juni 2023.

Pelepasan petugas kesehatan hewan qurban oleh Aslam yang mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman ini berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Qurban.

Baca juga:  2023 GMTD Luncurkan Cluster New Vinca dan Layout Lebih Segar

“Keamanan dan kelayakan hewan serta daging qurban dalam pelaksanaan ibadah qurban Hari Raya Idul Adha 1444 H dilaksanakan pada 29 Juni 2023,” ungkap Aslam dalam sambutannya.

ADVERTISEMENT

Dia menjelaskan ketersediaan hewan qurban tahun 2023 ini mencapai 75.289 ekor sapi, 2.406 ekor kerbau dan 33.279 ekor kambing. Sebagian besar hewan yang disembelih untuk qurban berasal dari pasokan lokal.

Baca juga:  Naoemi Octarina Sambangi Bayi 15 Bulan Korban Kekerasan Seksual

Dia perkirakan jumlah pemotongan hewan qurban tahun 2023 di Sulsel akan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2022, sebanyak 49.906 ekor hewan, dengan rincian kambing 5.773 ekor dan sapi 44.041 ekor.

Kegiatan pemeriksaan hewan qurban dilakukan dengan memperhatikan perlakuan warga terhadap hewan qurban sesuai standar kesejahteraan hewan.

ADVERTISEMENT

“Hewan tidak diperlakukan semena-mena selama pemeliharaan dan saat menjelang proses pemotongan dan kesejahteraan hewan harus dipastikan ketika sebelum disembelih,” tutupnya.

Baca juga:  Anggota DPRD Makassar Nurul Hidayat Usulkan Kawasan Tanpa Rokok

Hadir dalam acara pelepasan tersebut, Perwakilan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulsel, perwakilan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Sulsel, pengurus DPW Juru Sembelih Halal (Juleha) Sulsel, pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, dan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Unhas.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT