fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pulihkan Ekonomi, PD Pasar Makassar Dorong Penggunaan Transaksi Online

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar mendorong penggunaan transaksi online. Ini sabagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian Makassar, di tengah Pandemi Covid-19.

Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar Raya, Sahar menilai, belanja online dapat menjadi solusi untuk menggenjot perekonomian Kota Makassar.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang pasar tradisional, untuk menggunakan alat transaksi online dalam proses berbelanja.

ADVERTISEMENT

“Sekarang kita memang masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang untuk berbelanja via online. Jadi mereka bisa jual beli sayuran, ikan, bumbu dapur, dan barang-barang lainnya lewat online,” ujar Sahar belum lama ini.

Baca juga:  Asosiasi Professor Bentuk Forum Dukung Makassar Recover

Melalui transaksi online atau belanja online ini akan meminimalisir interaksi di pasar tradisional. Mengingat, pasar tradisional menjadi salah satu tempat yang memicu penyebaran Covid-19, bahkan berpotensi besar menimbulkan klaster. Sehingga, pihak PD Makassar merasa perlu untuk memaksimalkan aktivitas belanja online.

“Itu yang akan kita maksimalkan. Saat ini memang itu jalan yang paling tepat. Tapi memang belum maksimal berjalan, karena masih di bawah lima persen,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Gakoptindo Umumkan Harga Tahu dan Tempe Naik 20 Persen

Sahar mengatakan, saat ini pihaknya telah menempatkan admin dan sejumlah petugas untuk melayani pembeli di pasar tradisional. Konsumen hanya tinggal memesan via aplikasi online, kemudian mitra (Ojol) yang akan ke pasar dan mengantar ke rumah pembeli.

“Jadi masyarakat tinggal pesan online. Mitra yang ke pasar. Di pasar, operator kami memesan belanjaan, kemudian petugas yang berkeliling membeli barang. Mitra cuma menunggu di tempat yang disediakan,” jelasnya.

Cara-cara seperti ini dinilai tepat untuk menekan angka penularan, sebab tidak terjadi kerumunan. Sementara di sisi lain, perekonomian juga terus berjalan karena perputaran uang terus berlangsung.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kejar Target, Adidas Bakal Genjot Penjualan Online

“Ini efektif karena tidak ada orang berkumpul. Jadi penanganan Covid jalan, perekonomian tidak mati,” beber Sahar.

Selain belanja online, sekarang warga juga bisa belanja via telepon. Mereka bisa tawar menawar dan bertransaksi lewat telepon.

“Lewat telepon juga bisa. Banyak yang sudah lakukan itu. Mereka bisa tawar menawar di telepon. Nanti mitra tinggal mengambil barang dan mengantar ke pembeli,” terang Sahar.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Menang Perdana di Piala Asia U-23 Buka Peluang Timnas Indonesia Tembus 8 Besar

Kemenangan perdana Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 langsung buka peluang tembus ke 8 besar dengan catatan sebagai syarat penting.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT