fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ribuan Warga Pangkep Turun ke Sawah, Ikuti Ritual Musim Tanam ‘Mappalili’

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, PANGKEP — Ribuan Warga kecamatan Labakkang tumpah ruah mengikuti tradisi pesta adat Mappalili dalam rangka mengawali kegiatan musim tanam bagi para petani di area persawahan Kampung Sappaya, Desa Manakku, Kecamatan Labakkang. Kamis (17/11/2022).

Kegiatan Mappalili yang diawali dengan acara berkumpul para warga, pejabat pemerintahan dan para pinati atau pemangku adat sekecamatan Labakang di Rumah Adat Balla Lompoa. Mereka berkumpul dan melakukan persiapan terhadap benda-benda pusaka yang akan dipergunakan dilokasi persawahan.

Baca juga:  Kodim 1421 Pangkep Dinobatkan Sebagai Terbaik Lomba Binsat 2023

Selanjutnya barisan Mappalili berjalan dari rumah adat Labakkang menuju sawah Kalompoang. Sesampainya di sana langsung diadakan permulaan dengan menggunakan alat tradisional, yakni cangkul dan kerbau untuk menggarap sawah. Ritual ini disebut Pa’jeko.

ADVERTISEMENT

Kemudian barisan Mappalili kembali ke rumah adat dengan membawah butiran padi yang disimpan di dalam karung.

Selama dalam perjalanan karung ini diperebutkan warga karena diyakini bisa memberikan berkah dan hasil panen yang memuaskan pada saat tanam padi sampai panen.

Baca juga:  Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Moderasi Beragama HAB Ke-77 Kemenag.

Camat Labakkang, Odawati, menjelaskan, Mappalili ini adat budaya leluhur jaman dahulu. Setiap menjelang musim gaduh, harus melalui sejumlah proses.Mulai dari jadwal turun sawah dan jadwal tanam.

ADVERTISEMENT

“Pada malam hari H, ada istilah A’tudang Sipulung. Membahas masalah tehnis dari pertanian termasuk musyawarah memadukan tekhnis pertanian dan sistem budaya yang ada di Pinati.” terangnya.

Baca juga:  MAN Pangkep Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Pagi harinya, mulai dari rumah adat sampai tanah adat serangkaian kegiatan digelar sebagai penanda komando turun sawah. Harapannya, melalui Mappalili ini agar hasil yang diperoleh lebih baik lagi.” tutupnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT