Sabtu, Januari 16, 2021
No menu items!

Dengar Musik Klasik Bisa Meningkat Daya Ingat Loh…

Headline

Jenazah Korban Sriwijaya Asal Makassar, Disambut Isak Tangis Keluarga

Isah tangis mewarnai kedatangan jenazah Ricko Maluhette di rumah duka jalan Puri Asri Raya No 11 Tello, Kota Makassar, Sabtu (16/1/2021).

Data Basarnas: 45 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar

Data Basarnas Mamuju mencatat, 45 orang meninggal dunia, akibat gempa susulan yang mengguncang Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

Setelah Suntik Vaksin Tetap Terapkan Prokes

Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Ridwan Amiruddin menegaskan, masyarakat tetap menerapkan prokes meskipun sudah disuntik vaksin.

LAYAR.NEWS – Bagi sebagian orang, musik klasik mungkin terdengar rumit bahkan membosankan. Namun, tahukah Anda bahwa musik klasik memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari AloDokter, saat mendengarkan musik bernada yang lembut, seperti pada beberapa musik klasik, jantung akan mengikuti ketukan lagu dan berdetak lebih pelan. Pikiran dan tubuh akan lebih santai. Serta pernapasan menjadi lebih lega. Karena alasan itulah musik klasik dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Salah satu yang dapat diperoleh dari mendengarkan musik klasik adalah meningkatkan daya ingat. Sehingga mendengarkan musik klasik dapat membantu Anda dalam menghafal.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang membaca sambil mendengarkan musik klasik, akan lebih unggul dalam mengingat isi bacaannya daripada yang tidak.

Di antara berbagai musik klasik, karya-karya Mozart dinilai paling efektif dalam meningkatkan daya ingat.

Baca Juga:

Selain itu, mendengarkan musik klasik juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif, dan membantu meringankan gejala dan kegelisahan pada penderita demensia.

Meski begitu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa manfaat musik klasik ini tidak berpengaruh pada semua orang. Hal ini dipengaruhi oleh preferensi musik masing-masing individu, karena bisa saja seseorang tidak suka mendengarkan musik klasik atau bahkan memang tidak suka mendengarkan musik sama sekali.

Jika Anda termasuk yang bisa menerima musik klasik, Anda bisa mendapatkan manfaat musik klasik dengan meluangkan waktu selama sekitar 25 menit untuk mendengarkan karya-karya Mozart, Strauss, ataupun Bach.

Namun, jika Anda tidak dapat merasakan manfaat musik klasik untuk meredakan stres, gangguan tidur, atau gangguan daya ingat Anda, sebaiknya konsultasikan masalah Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Layar Terkini

PLN Pasang Telepon Satelit Pasca Gempa Sulbar

PLN melakukan pemulihan listrik terdampak bencana pasca gempa yang mengguncang Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Berita Terkait