fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Korban Gempa di Pulau Karampuan Seberangi Laut Ambil Bantuan ke Mamuju

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, SULBAR – Warga Pulau Karampuan, Sulawesi Barat (Sulbar), ikut menjadi korban gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,4 yang terjadi pada Jumat (15/1/2021) lalu.

Namun, korban di Pulau Karampuan tersebut belum tersentuh relawan dan bantuan. Hal ini yang mendorong warga akhirnya harus menyeberangi lautan untuk mengambil bantuan logistik di Mamuju.

Sebanyak 200 kepala keluarga (KK) di Pulau Karampuang menjadi korban gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 yang terpusat di Kabupaten Majene.

ADVERTISEMENT

“Kita di sana mengungsi juga Pak karena rumah-rumah juga ada yang hancur (akibat gempa),” kata Jaharuddin (43), seorang warga Pulau Karampuang, dikutip dari detik.com, Senin (18/1/2021).

Baca juga:  Ashabul Kahfi Serahkan Bantuan Tanggap Bencana di Jeneponto

Jaharuddin mengatakan, dia dan sejumlah warga pulau menyeberang ke Lanal Mamuju karena kekurangan logistik. Dia menyebut ada bantuan, namun jauh dari kata cukup.

“Tadi malam Pak ada (bantuan), cuma kurang karena 28 orang cuma dapat 1 liter beras. Ini per tenda ya Pak,” kata Jaharuddin.

ADVERTISEMENT

Menurut Jaharuddin, kekurangan logistik tersebut membuat warga khawatir. Namun, warga juga belum berani kembali ke rumah masing-masing sebelum ada imbauan dari pemerintah setempat.

Baca juga:  Ini Penjelasan BMKG Soal Rentetan Gempa di Indonesia

“Untung ada info dari teman entah dia dapat dari mana (info ada logistik di Lanal Mamuju). Okelah karena kita masih punya bahan bakar sedikit ‘ayo kita ke sana (Lanal Mamuju)’,” kata Jaharuddin.

“Jadi kemarin kita ke sini melaporkan kondisi di sana, alhamdulillah diterima kita Pak sama Angkatan Laut ini,” katanya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Hujan Deras Akibatkan Longsor di Kabupaten Enrekang

Sementara itu, pihak TNI AL menyebut pihaknya akan menyesuaikan bantuan logistik untuk warga Pulau Karampuang.

“Tentunya kita harus sesuai jumlah warga di sana. Laporannya kan kurang lebih 200 KK. Itu nanti sesuai dengan standar sembako yang kita paketkan, nanti kita bawa ke sana,” ujar Danlantamal VI Makassar, Laksamana TNI Pertama Benny Sukandari.

“Kebetulan di sana juga ada perwakilan anggota kita di sana sudah memantau nanti harapannya mudah-mudahan paket ini tidak kurang di sana,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Panwascam Berpengalaman di Pemilu Jadi Prioritas di Pilkada Serentak 2024 Sulsel

Bawaslu Sulsel berkomitmen untuk memprioritaskan Panwascam berpengalaman dalam Pemilu Februari untuk Pilkada Serentak 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT