fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Lokasi yang Tepat Mengenang Masa Lampau Kebudayaan Makassar Ada di Sini!

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Di tengah gemerlap perkotaan Makassar, tersimpan harta karun tentang budaya megah dan bersejarah. Yakni, Museum Kota Makassar yang terletak di Jalan Balai Kota. Searah dengan Taman Macan dari Kantor Balai Kota. Berlokasi di pusat kota, museum ini menawarkan pengalaman yang memukau bagi para pengunjung yang ingin menapaki jejak sejarah dan kebudayaan kota yang kaya.

Museum Kota Makassar adalah rumah bagi berbagai peninggalan sejarah dan artefak berharga yang menceritakan perjalanan kota ini dari masa ke masa. Mulai dari era Kesultanan Gowa-Tallo hingga masa penjajahan kolonial, pengunjung dapat menemukan koleksi unik yang mencerminkan budaya dan kehidupan masyarakat Makassar.

Baca juga:  Ini yang Jadi Atensi Kapolda Sulsel Momen Ramadan di Makassar

Pengunjung akan terpesona oleh berbagai koleksi artefak yang dipamerkan di museum ini. Antara lain adalah senjata tradisional Makassar, seperti pedang dan tombak, yang menunjukkan kejayaan masa lalu dan kemahiran seni tempur khas daerah ini. Selain itu, ada juga koleksi kain tradisional, keramik kuno, alat musik tradisional, dan berbagai benda seni lainnya yang menggambarkan kekayaan budaya Makassar.

ADVERTISEMENT

Museum Kota Makassar menawarkan ruangan bersejarah yang didesain dengan apik untuk menciptakan suasana autentik dari era-era tertentu. Pengunjung dapat merasakan atmosfer masa lampau melalui replika bangunan, penataan interior, dan diorama yang menghidupkan kembali momen-momen bersejarah.

Dilansir dari laman resmi Direktori Pariwisata, Jumat, 12 April 2024, museum Kota ini hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai identitas dan sejarah Kota Makassar. Beberapa koleksi museum kota diantaranya peta bumi yang dibuat untuk kelancaran misi perdagangan dan politik di Indonesia pada masa silam, relief potret Ratu Wilhelmina dan Yuliana, foto reproduksi naskah, foto-foto peristiwa serta bangunan bersejarah, dan berbagai jenis mata uang.

Baca juga:  PLN Persero Siap Jalankan Listrik 24 Jam di Lae lae

Tak hanya itu, museum ini juga menyediakan ruangan interaktif yang modern dan edukatif, menggabungkan teknologi multimedia untuk mengajak pengunjung terlibat dalam cerita sejarah kota. Aktivitas interaktif ini menjadikan pengalaman bersejarah menjadi lebih menyenangkan dan mengedukasi bagi pengunjung dari segala usia.

ADVERTISEMENT

Museum Kota Makassar bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga menjadi pusat pendidikan dan penelitian bagi masyarakat dan akademisi. Dengan berbagai program pendidikan dan pameran sementara, museum ini berperan aktif dalam melestarikan dan menyebarkan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Makassar.

Baca juga:  Tokoh Masyarakat Taraweang - Barabatu Dukung RAMAH, Ini Alasannya

Bagi pecinta sejarah dan kebudayaan, mengunjungi Museum Kota Makassar adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dari senjata bersejarah hingga perabotan rumah tangga tradisional, museum ini menyuguhkan jejak masa lalu yang mengesankan dan menghargai kekayaan budaya kota Makassar. Jika Anda berada di Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Museum Kota Makassar dan merasakan pesonanya yang megah. 

(Foto: explore.makassar.go.id)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Pertamina Patra Niaga Sulawesi Salurkan Bantuan Korban Banjir Luwu Utara

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama melalui unit operasinya Fuel Terminal Palopo menyerahkan bantuan kemanusiaan
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT