No menu items!

Mau Beli Mobil Bekas Bermesin Diesel, Perhatikan Hal Berikut

Promo

LAYAR.NEWS – Bagi Kamu pencari mobil diesel namun memiliki dana terbatas, pasar mobil bekas bisa menjadi tujuan alternatif. Pasar mobil bekas saat ini menyediakan berbagai macam model, termasuk mobil dengan mesin diesel.

Kondisi dan harga yang ditawarkan tentunya beragam. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Kamu berniat membeli mobil bekas bermesin diesel.

Ada cara sederhana bagi calon konsumen memberikan penilaian sebelum memutuskan untuk membeli mobil diesel bekas. Berikut caranya yang dilansir dari Otospector:

Menstarter Mobil

Seperti saat membeli kendaraan bekas pada umumnya, Kamu harus mengecek keadaan mobil saat di-starter. Mesin mobil-mobil diesel sangat mudah menyala karena menggunakan busi pijar. Lakukan pengecekan ini ketika mobil masih dalam keadaan dingin.

Baca juga:  Anak Rentan Alami Mata Minus di Masa Pandemi, Ini Penyebabnya

Bila sulit dinyalakan dalam satu hingga berkali-kali starter, berarti ada yang tak beres dengan komponen internalnya.

Sementara itu, saat mobil sudah menyala, amati suara yang keluar dari mesin. Injak pedal gas sesekali untuk mendeteksi kerusakan.

Bila suara yang keluar padat dan bertenaga, berarti mobil diesel tersebut dalam kondisi baik. Di sisi lain, bila ada suara knocking yang keluar saat mesin menyala, itu berarti ada masalah pada sistem pengapian diesel.

Baca juga:  Tips Hindari Kantuk saat Berkendara di Jalan

Mengecek Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah salah satu bagian vital dari mobil diesel. Cara memeriksa kompresi mesin kendaraan diesel dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin mobil
  • Buka penutup wadah saluran oli mesin
  • Injak pedal gas mobil setelahnya.

Amati apakah ada hembusan udara kuat yang keluar dari lubang saluran oli mesin tersebut. Jika ada, hal ini menandakan bahwa kompresi mesin mobil itu sudah tak prima.

Mengecek Tegangan Baterai Mobil Diesel

Mobil diesel pada umumnya memiliki tegangan baterai sebesar 12 volt. Sementara itu kendaraan diesel berupa bus dan truk memiliki tegangan 24 volt untuk masing-masing baterainya. Lakukanlah pengecekan tegangan tersebut menggunakan volt meter.

Baca juga:  SIM C Dibagi Tiga Jenis, Segini Biaya Bikinnya

Apabila Kamu maupun penjual tidak memiliki alat tersebut, lakukan pengecekan pada dashboard mobil. Apabila kunci kontak berada dalam posisi nyala dan indikator baterai tak menyala, itu berarti tidak ada masalah pada tegangan baterai mobil tersebut.

Mengecek Kandungan dan Konsistensi Oli Mobil

Hal wajib lainnya yang harus dilakukan saat akan membeli mobil adalah mengecek oli. Jika Kamu mendapati oli mobil diesel memiliki warna hitam, itu hal wajar.

Baca juga:  Menteri KKP Janji Optimalkan Fasilitas Pelabuhan Untia

Sementara itu, yang perlu Kamu perhatikan adalah kandungan di dalam cairannya. Tarik stik oli dan bila di dalamnya tak terdapat serpihan kerak atau kotoran, itu berarti oli dalam keadaan baik.

Kemudian periksa juga konsistensi oli. Apabila cairan oli masih encer dan tak pekat, maka kondisinya pun tak perlu dikhawatirkan.

Melihat Anomali pada Asap Knalpot

Tidak seperti mobil berbahan bakar bensin, kendaraan diesel berusia tua mengeluarkan asap keabuan yang cukup pekat. Sementara itu, mobil bekas diesel yang sudah modern lebih ramah lingkungan karena dilengkapi dengan diesel particulate filter (DPF).

Sebelum membeli, Kamu sebaiknya melihat warna asap yang keluar dari knalpot mobil bekas tersebut. Jika warna yang keluar putih, itu berarti terdapat oli yang bocor di dalam ruang pembakaran. Hal ini termasuk dalam kerusakan yang cukup berat dan harus dihindari!

Baca juga:  Makin Ketat, Danny Ubah Aturan Makassar Recover

Baca berikutnya: Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Wiper Kaca Belakang Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Mal Hingga Cafe di Makassar Wajib Tutup Jam 8 Malam

Aktivitas usaha di Kota Makassar sebelumnya dibatasi hingga pukul 22.00 wita, kini hanya sampai pukul 20.00 wita.

Populer

Berita Terkait