fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Hasil Penelitian: Imbas Perubahan Iklim, Kualitas Kopi Terancam

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Efek buruk perubahan iklim sudah sangat nyata. Manusia diminta untuk memeranginya untuk kehidupan yang lebih baik di berbagai kondisi.

Bahkan, sebuah penelitian yang dipimpin oleh para peneliti dari Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts dan Montana State University menemukan perubahan iklim berpengaruh pada kualitas kopi. Baik rasa maupun aromanya.

“Dampak perubahan iklim pada tanaman telah menyebabkan gangguan ekonomi dan politik di banyak bagian dunia,” kata Sean Cash, seorang ekonom dan Profesor Bergstrom Foundation dalam Nutrisi Global di Sekolah Friedman dan penulis senior studi tersebut, yang diterbitkan dalam Frontiers in Plant Science seperti dikutip dari CNN Indonesia pada Minggu (31/10/2021).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pertamina Target Bangun 10 Ribu SPBU Mini Tahun Ini

Cast mengatakan jika ilmu dari perubahan iklim ini dapat dipahami, maka dapat membantu petani dan pemangku kepentingan lainnya mengelola produksi kopi dengan lebih baik di masa depan.

Pasalnya, menurutnya kualitas kopi yang menurun akan berimplikasi pada berbagai sektor. Baik dari segi produksi maupun konsumen.

“Secangkir kopi di bawah standar memiliki implikasi ekonomi serta sensorik. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kopi berdampak besar pada minat pembeli, harga kopi, dan pada akhirnya mata pencaharian petani yang menanamnya,” ujar Cash.

ADVERTISEMENT

Dalam analisis mereka, para peneliti melihat efek dari 10 faktor lingkungan umum dan kondisi manajemen yang terkait dengan perubahan iklim serta adaptasi iklim.

Baca juga:  Pertamina Salurkan Bantuan Kesehatan ke Posko Bencana Gempa Sulbar

Tren paling konsisten yang ditemukan tim peneliti adalah pertanian di dataran yang lebih tinggi menghasilkan rasa dan aroma kopi yang lebih baik, sementara jika terlalu banyak paparan cahaya akan berpengaruh pada penurunan kualitas kopi.

Sebuah sintesis menemukan bahwa kualitas kopi juga rentan terhadap perubahan iklim karena tekanan air dan peningkatan suhu serta karbon dioksida. Meski demikian penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor khusus ini tetap diperlukan, seperti dilansir dari Science Daily.

ADVERTISEMENT

Tim peneliti menjelaskan beberapa upaya saat ini untuk mengurangi dampak perubahan iklim adalah dengan manajemen yang baik contohnya mengontrol paparan cahaya, pemilihan dan pemeliharaan tanaman kopi liar tahan iklim, dan pengendalian hama.

Baca juga:  Pelindo IV Catat Arus Peti Kemas Meningkat 0,14% Jelang Ramadan

“Strategi ini memberikan harapan bahwa kualitas kopi dapat dipertahankan atau ditingkatkan dan pada akhirnya akan membantu petani,” kata Selena Ahmed, seorang ahli etnobotani di Food and Health Lab di Montana State University, seperti dikutip dari Eurek Alert.

Para ahli juga menambahkan dampak dari perubahan iklim berpotensi mengganggu budidaya tanaman lain yang sangat dibutuhkan manusia.

“Dampak ini pada tanaman penting untuk dipelajari secara umum, bukan hanya untuk kopi. Sistem pangan kita mendukung ketahanan pangan, nutrisi, dan kesehatan kita,” imbuh Ahmed.

Baca berikutnya: Hasil Studi, Penyintas Covid-19 Berisiko Alami Penurunan Kecerdasan

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Aksi Rasisme Timpa Skuat Guinea Usai Kalahkan Timnas U-23, Begini Sikap PSSI

Aksi rasisme timpa skuat Timnas Guinea usai mengalahkan Timnas U-23 dalam laga play off Olimpiade Paris 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT