fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pemprov Sulsel dan Basarnas Komitmen Perkuat Sinergitas, Bencana di Tana Toraja dan Luwu Jadi Contoh

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Basarnas Makassar berkomitmen untuk memperkuat sinergitas dalam upaya dan pola penanganan bencana. Kapala Kantor Basarnas Mexianus Bekabel juga telah bertemu dengan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. 

“Terima kasih kepada Basarnas atas dedikasinya untuk melindungi segenap warga Indonesia, termasuk di wilayah Sulsel dari risiko kecelakaan dan bencana alam, memastikan keselamatan masyarakat yang juga menjadi prioritas kita bersama,” kata Bahtiar dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Jumat, 19 April 2024.

Baca juga:  Ikan di Danau Tempe Berkurang, Begini Bentuk Pemulihannya

Kepala Basarnas Mexianus, menyampaikan apresiasi yang mendalam terhadap dukungan yang diberikan oleh Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dalam melindungi warga dan mengkoordinasikan upaya penanganan bencana di berbagai wilayah. 

ADVERTISEMENT

Menurutnya peran gubernur dalam menaungi seluruh instansi pemerintah dan stakeholder, termasuk Basarnas, yang beroperasi di wilayah tersebut. “Kami merasa terhormat dan bertanggung jawab untuk melindungi warga di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Baca juga:  Pesawat-Kapal Melintas di Perairan Selayar dan Temukan Sesuatu yang Mencurigakan Lapor Basarnas 

Penanganan bencana longsor terbaru di Tana Toraja dan Luwu menjadi contoh konkret dari kerja sama yang erat antara Basarnas dengan Tim SAR Gabungan, yang melibatkan pemerintah daerah, TNI-Polri, masyarakat, dan para pecinta alam.

Mexianus juga menyampaikan Basarnas akan mengadakan event National Accreditation Process (NAP) pada 23 April mendatang untuk meningkatkan metode penyelamatan dan memberikan bantuan Urban Search and Rescue (USAR).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tim SAR Gabungan Kembali Cari Korban Tenggelam di Tanjung Bunga

“Kami akan membahas bagaimana penanganan bencana alam yang terjadi, khususnya longsor di Toraja. Kami ingin memastikan sinergitas yang efektif di lapangan dan memperkenalkan teknik-teknik terbaru kepada stakeholder,” tambahnya.

Mexianus Bekabel menegaskan pentingnya kerja sama dan koordinasi yang solid antara semua pihak. “Sehingga kita satu komando dalam cara penanganan evakuasi maupun koordinasi,” tutupnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny: Konten Revolusi Pendidikan Makassar Jadi Pelengkap Program Merdeka Belajar 

Wali Kota Danny Pomanto menyebut, konten revolusi pendidikan di Makassar jadi pelengkap program merdeka belajar dari Kemenristek Dikti.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT