fbpx
No menu items!

Agar Tidak Dehidrasi, Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Promo

LAYAR.NEWS – Delapan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh karena juka kurang asupan bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi alias kekurangan cairan.

Secara umum, tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih.

Saat berpuasa maka tubuh tidak akan menerima asupan cairan selama seharian penuh, atau kurang lebih 12 jam. Padahal, tubuh tetap beraktivitas dan membutuhkan asupan cairan.

Lantas, bagaimana cara menjaga asupan cairan tubuh selama berpuasa?

Kamu bisa coba menerapkan pembagian waktu minum air putih selama puasa, yakni aturan minum air 2-4-2. Berikut cara melakukan pola 2-4-2 dikutip dari Halodoc:

Dua Gelas Air Putih saat Berbuka

Biar lebih sehat, biasakan untuk berbuka puasa dengan air putih baru dilanjut dengan makanan lainnya. Saat berbuka puasa, pastikan untuk minum setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara berkala, sesuai dengan kebutuhan.

Minum air putih saat berbuka puasa bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas di tengah puasa.

Empat Gelas Air Putih saat Makan Malam

Selanjutnya, disarankan untuk minum air putih secara berkala saat malam hari hingga menjelang tidur. Minum 4 gelas air putih pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur. Minum air putih sebelum makan dan sesudah makan bisa membantu melancarkan proses pencernaan makanan.

Dua Gelas Air Putih saat Sahur

Saat sahur dianjurkan untuk minum setidaknya dua gelas air putih. Kamu bisa membaginya, yaitu satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur. Mengingat pentingnya makanan dan minuman untuk memberi energi tubuh selama puasa, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. Selain itu, jangan lupa minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi.

Baca berikutnya: Manfaat Konsumsi Teh Saat Sahur dan Berbuka Puasa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait