fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Hentikan Minum Kopi Sebelum Sarapan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Bahkan minum kopi sebelum sarapan menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Menurut mereka, mengkonsumsi kopi sebelum sarapan atau bahkan sebagai menu sarapan dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk menjalani hari.

Namun, tahukah kamu dengan mengonsumsi kopi sebelum sarapan merupakan kebiasaan yang kurang baik? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Halodoc.

ADVERTISEMENT

Kopi yang dikonsumsi sesaat setelah bangun atau saat perut kosong ternyata bukanlah ide yang baik. Kebiasaan ini dapat meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan.

Baca juga:  Pasangan Suka Follow Cewek Cantik di Medsos, Begini Cara Menghadapinya

Kebiasaan ini nyatanya tidak aman untuk kesehatan tubuh. Berbagai risiko gangguan kesehatan dapat dialami oleh seseorang yang sering melakukan kebiasaan ini.

Salah satunya, penyakit asam lambung atau yang dikenal juga sebagai GERD. Kopi dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam lambung. Apalagi jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

ADVERTISEMENT

Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga dapat membuat esofagus bagian bawah menjadi lemah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gejala GERD, seperti mual, mudah kenyang, sering bersendawa, heartburn atau panas bagian dada, hingga kesulitan menelan.

Baca juga:  Teknik Jitu Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget

Jika kamu sedang mengalami kondisi stres, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi terlalu banyak, khususnya pada pagi hari. Melansir Web MD, kandungan kafein dalam kopi sangat rentan menyebabkan kondisi gangguan kecemasan hingga bipolar.

Minum kopi sebelum sarapan juga meningkatkan risiko seseorang alami dehidrasi. Hal ini disebabkan kandungan kafein pada kopi dapat mengakibatkan peningkatan frekuensi buang air kecil.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kecanduan Medsos atau Alkohol, Mana Lebih Bahaya?

Ada beberapa gejala dehidrasi yang perlu kamu perhatikan, seperti hilangnya keelastisitasan kulit, urine berwarna gelap, aroma urine yang sangat kuat, pusing, mengantuk, dan denyut jantung yang lebih cepat.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Panwascam Berpengalaman di Pemilu Jadi Prioritas di Pilkada Serentak 2024 Sulsel

Bawaslu Sulsel berkomitmen untuk memprioritaskan Panwascam berpengalaman dalam Pemilu Februari untuk Pilkada Serentak 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT