fbpx
No menu items!

Sering Lenyap Seketika, Berikut Tips Kelola THR dengan Bijak

Promo

LAYAR.NEWS – Salah satu yang dinanti oleh para pekerja saat Ramadhan adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Pemerintah pun telah menegaskan terkait aturan pembayarannya paling lambat H-7 Lebaran.

Tidak jarang THR lenyap seketika sesaat setelah diterima. Kemudian menyesal karena membelanjakan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Nah, berikut beberapa tips mengelola THR dengan bijak, seperti dikutip dari CNN Indonesia:

Cek Tujuan Keuangan dan Kewajiban

THR memang diprioritaskan untuk kebutuhan hari raya. Namun, mendapatkan THR bukan berarti harus menghabiskannya hanya untuk keperluan hari raya saja.

Untuk itu disarankan mengecek kembali tujuan keuangan yang sudah dibuat. Bisa saja, ada kebutuhan/kewajiban yang belum terpenuhi, misalnya membayar utang, membeli asuransi, menyiapkan dana darurat, dan sebagainya. Jika kebutuhan lebih penting tersebut belum terpenuhi, maka THR dapat dimanfaatkan.

Buat Daftar Pengeluaran Hari Raya

Saran selanjutnya adalah membuat daftar prioritas pengeluaran selama hari raya. Kemduan tinjau dan pilah mana saja yang benar-benar diperlukan. Eliminasi hal-hal yang dirasa kurang penting.

Misalnya, sisihkan THR untuk zakat dan sedekah, belanja kebutuhan lebaran secukupnya, dan sisihkan untuk kebutuhan mudik bila perlu. Jadi THR dapat dialokasikan untuk sesuatu yang lebih prioritas.

Jika ingin menggunakan THR untuk membeli barang, sebaiknya pikir dua kali dan tanyakan ke diri sendiri, apakah benar-benar membutuhkannya?

Pisahkan Biaya Mudik

Jika Mudik membutuhkan anggaran cukup besar, sebaiknya pisahkan anggaran mudik dari THR. Karena jika disatukan, pengeluaran kamu bisa kebablasan dari dana semenstinya.

Hal ini mengingat saat mudik akan ada pengeluaran yang tidak terduga. Sehingga perlu mengaturnya sedemikian rupa. Hal bijak jika anggaran yang diperuntukkan mudik tidak disatukan dengan THR.

Sisihkan Untuk Sedekah

Perlu dingat agar tidak lupa bersedekah dengan rejeki yang diperoleh. Apa lagi, momen Ramadan dan Idul fitri merupakan waktu yang terbaik untuk bersedekah dan zakat. Nah, alokasinya bisa diambil sebagian dari THR yang Kamu dapatkan.

Baca berikutnya: Disnaker Sulsel Tegaskan Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait