fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Sering Lenyap Seketika, Berikut Tips Kelola THR dengan Bijak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Salah satu yang dinanti oleh para pekerja saat Ramadhan adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Pemerintah pun telah menegaskan terkait aturan pembayarannya paling lambat H-7 Lebaran.

Tidak jarang THR lenyap seketika sesaat setelah diterima. Kemudian menyesal karena membelanjakan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Nah, berikut beberapa tips mengelola THR dengan bijak, seperti dikutip dari CNN Indonesia:

ADVERTISEMENT

Cek Tujuan Keuangan dan Kewajiban

THR memang diprioritaskan untuk kebutuhan hari raya. Namun, mendapatkan THR bukan berarti harus menghabiskannya hanya untuk keperluan hari raya saja.

Baca juga:  Hindari Minum Kopi saat Sahur, Ini Alasannya

Untuk itu disarankan mengecek kembali tujuan keuangan yang sudah dibuat. Bisa saja, ada kebutuhan/kewajiban yang belum terpenuhi, misalnya membayar utang, membeli asuransi, menyiapkan dana darurat, dan sebagainya. Jika kebutuhan lebih penting tersebut belum terpenuhi, maka THR dapat dimanfaatkan.

ADVERTISEMENT

Buat Daftar Pengeluaran Hari Raya

Saran selanjutnya adalah membuat daftar prioritas pengeluaran selama hari raya. Kemduan tinjau dan pilah mana saja yang benar-benar diperlukan. Eliminasi hal-hal yang dirasa kurang penting.

Baca juga:  Menkeu Sebut THR ASN Tahun ini Cair Penuh

Misalnya, sisihkan THR untuk zakat dan sedekah, belanja kebutuhan lebaran secukupnya, dan sisihkan untuk kebutuhan mudik bila perlu. Jadi THR dapat dialokasikan untuk sesuatu yang lebih prioritas.

ADVERTISEMENT

Jika ingin menggunakan THR untuk membeli barang, sebaiknya pikir dua kali dan tanyakan ke diri sendiri, apakah benar-benar membutuhkannya?

Pisahkan Biaya Mudik

Jika Mudik membutuhkan anggaran cukup besar, sebaiknya pisahkan anggaran mudik dari THR. Karena jika disatukan, pengeluaran kamu bisa kebablasan dari dana semenstinya.

Hal ini mengingat saat mudik akan ada pengeluaran yang tidak terduga. Sehingga perlu mengaturnya sedemikian rupa. Hal bijak jika anggaran yang diperuntukkan mudik tidak disatukan dengan THR.

Baca juga:  Resep Takjil Buka Puasa: Bubur Candil Ubi Pandan yang Lezat dan Enak

Sisihkan Untuk Sedekah

Perlu dingat agar tidak lupa bersedekah dengan rejeki yang diperoleh. Apa lagi, momen Ramadan dan Idul fitri merupakan waktu yang terbaik untuk bersedekah dan zakat. Nah, alokasinya bisa diambil sebagian dari THR yang Kamu dapatkan.

Baca berikutnya: Disnaker Sulsel Tegaskan Perusahaan Wajib Bayar Penuh THR

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masyarakat Sulsel
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT