fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

6 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Menjaga kualitas tidur penting untuk menjaga kesehatan. Tidur sangat penting untuk sel, organ, dan jaringan tubuh agar bekerja secara normal.

Cukup tidur menjaga sistem imun jadi lebih kuat sehingga membuat Anda tidak gampang sakit. Selain itu, tidur tercukupi juga menjaga suasana hati tetap baik, sehingga menjauhkan Anda dari stres dan penyakit mental.

Tidak kekurangan tidur juga mencegah terjadinya peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Itu artinya, memenuhi kebutuhan tidur bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

ADVERTISEMENT

Nah, untuk dapat meningkatkan dan menjaga kualitas tidur, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut seperti yang dikutip dari Hello Sehat:

Perhatikan makanan dan minum sebelum tidur

Jangan tidur pada saat Anda merasa lapar, karena dapat membuat tidur kurang nyaman dan Anda bisa terbangun tengah malam hanya karena lapar.

Juga, jangan makan mendekati waktu tidur karena ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi panas di dada (heartburn), yang mengganggu tidur.

ADVERTISEMENT

Sebaiknya makanlah 4 jam sebelum tidur. Ini membuat kondisi perut tenang saat tidur. Sehingga tidak akan mengganggu tidur. Selain itu, menjaga kualitas tidur juga bisa dengan membatasi konsumsi air sebelum tidur.

Terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Jadi, hindari minum air sebelum tidur.

Baca juga:  Jangan Asal, Begini Cara Gunakan Masker Dobel yang Benar

Hindari pula konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, cola, teh, dan cokelat, serta minum alkohol mendekati jam tidur.

ADVERTISEMENT

Kopi dapat membuat tidak merasa kantuk pada jam seharusnya Anda tidur. Akibatnya, kopi dapat mengganggu jam tidur. Sementara alkohol, walaupun mungkin dapat membuat mengantuk awalnya, namun kemudian dapat membuat terbangun pada malam hari.

Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Biasanya Anda akan tidur lebih nyaman di lingkungan yang membuat nyaman untuk tidur. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu Anda tidur dengan nyaman.

Dengan membuat kamar menjadi gelap, dapat memberi sinyal ke otak bahwa ini waktunya tidur. Pastikan juga Anda tidur dengan kasur dan bantal yang nyaman. Kasur biasanya sudah kurang nyaman bila sudah dipakai selama 10 tahun.

Jika berbagi tempat tidur dengan pasangan, pastikan Anda mendapat ruang yang cukup untuk tidur. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, coba untuk menetapkan batas seberapa sering mereka tidur dengan Anda atau tidak sama sekali.

Lakukan kebiasaan sebelum tidur

Kualitas tidur yang baik bisa diraih dengan menerapkan kebiasaan tertentu sebelum tidur. Hal ini memudahkan tubuh melakukan transisi dari periode bangun sampai waktunya tertidur.

Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat santai sebelum beranjak tidur, seperti mandi, membaca buku, mendengarkan musik sebelum tidur.

Baca juga:  Hindari! Terlalu Sering Konsumsi 3 Asupan Ini Mempercepat Penuaan Dini

Namun, berhati-hati menggunakan alat elektronik sebagai medianya karena cahaya biru yang dihasilkan bisa mengganggu hormon melatonin yang bertugas untuk membuat Anda tertidur.

Hindari stres atau aktivitas yang menimbulkan stres, seperti bekerja atau membahas masalah yang dapat memicu emosi. Aktivitas yang menimbulkan stres secara fisik dan psikologis dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres atau hormon kortisol, yang membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.

Jika terbiasa memikirkan masalah sebelum tidur, lebih baik Anda menuliskan masalah tersebut di buku ketimbang hanya dipikirkan.

Buat jadwal tidur yang rutin, bahkan di akhir pekan

Langkah selanjutnya untuk menjaga kualitas tidur tetap baik, yakni tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Bahkan, pada saat hari libur dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tujuannya untuk mengatur kembali jam biologis tubuh, sehingga tubuh dengan sendirinya mengetahui kapan seharusnya tidur dan bangun.

Jika tidak bisa tertidur setelah 15 menit Anda mencoba untuk tidur, sebaiknya Anda bangun dan melakukan hal yang dapat menenangkan Anda. Kemudian, cobalah untuk tidur lagi jika sudah merasa lelah atau mengantuk. Mencoba untuk tidur dalam waktu yang lama hanya akan membuat Anda frustasi.

Batasi waktu tidur siang atau hindari sama sekali

Kualitas tidur bisa jadi baik, atau malah memburuk karena tidur siang. Oleh karena itu, perlu memperhatikan apakah kebiasaan tidur Anda sudah benar atau belum.

Baca juga:  Jurus Jitu Cegah Kolesterol Meningkat Usai Lebaran

Pertama, pertimbangkan apakah Anda butuh tidur siang atau belum. Jika perlu begadang atau menjalankan kerja shift malam, tentu tidur siang sangat dibutuhkan. Namun, bila kebutuhan tidur sudah tercukupi dengan tidur malam atau memiliki gangguan tidur, seperti insomnia, sebaiknya tidak perlu tidur siang.

Jika punya masalah tidur, dan ingin menerapkan metode tidur bifasik, yakni tidur di dua waktu malam dan siang, maka patuhi aturan tidur siang. Cobalah untuk tidur siang 10-20 menit, atau tidak boleh melebihi 1 jam. Kemudian, lakukan tidur siang tidak di sore hari, yakni lewat dari pukul 15.00.

Lakukan olahraga teratur

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Olahraga teratur dapat membantu lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak.

Namun, perhatikan waktu olahraga Anda. Jika melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur, mungkin ini dapat mengganggu tidur.

Pasalnya, olahraga berat dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan olahraga pada pagi hari.

Baca berikutnya: Lebih Mudah, 3 Terapi Ini Bantu Berhenti Merokok

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

7 Orang Meninggal Dunia Banjir Bandang di Luwu

Basarnas Makassar menginformasikan perkembangan data sementara, 7 orang meninggal dunia banjir bandang di Luwu.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT