fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Awas Jangan Salah, Ini 4 Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup kini kian mudah dengan adanya uang elektronik. Uang elektronik sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni e-wallet dan e-money.

E-wallet maupun e-money telah banyak dipergunakan masyarakat di kota-kota besar maupun di daerah. Meskipun sama-sama berfungsi untuk pembayaran transaksi digital, keduanya memiliki perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan antara e-money dengan e-wallet, seperti dikutip dari Flick:

ADVERTISEMENT

Pengisian Saldo

Perbedaan pertama antara e-money dan e-wallet adalah dari pengisian saldo. E-wallet umumnya dapat diisi saldo melalui beragam bank atau merchant. Sedangkan, pengisian saldo e-money hanya bisa dilakukan melalui bank yang mengeluarkan e-money tersebut.

Baca juga:  Subsidi Gaji Rp1 Juta, Ini Syarat dan Jadwal Pencairannya

Berbasis Chip dan Server

Untuk e-wallet diketahui sebagai uang elektronik yang berbasis pada sistem server. E-wallet umumnya diadopsi dan dikelola melalui sebuah aplikasi yang terinstal pada smartphone. Maka untuk dapat mengaksesnya, e-wallet juga membutuhkan koneksi internet.

Sementara itu, e-money merupakan uang elektronik yang berbasis pada sebuah chip. Chip ini biasanya dibenamkan pada sebuah kartu. Tanpa koneksi internet, e-money tetap bisa digunakan misalnya dengan cara mengetap kartu pada mesin untuk penggunaan transportasi umum.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  UMP Sulsel Naik 2 Persen, Ini Besarannya

Registrasi

Perbedaan e-wallet dan e-money lainnya adalah pada sistem registrasi. Registrasi e-wallet membutuhkan identitas yang jelas dan lengkap dalam penggunaannya. Sementara pada e-money, pengguna tidak perlu melakukan registrasi yang lengkap. Pengguna e-money hanya perlu top-up saldo langsung lewat pihak penerbit kartu.

Maksimal Saldo

Mau top-up dana dalam jumlah besar? E-wallet adalah pilihan tepat. Pasalnya, e-money memiliki keterbatasan limit saldo yang kecil. Sedangkan, kamu bisa top-up dana mulai dari jutaan hingga puluhan juta di e-wallet. Mau makan, shopping, bayar semua kebutuhan bisa langsung di e-wallet.

Baca juga:  Rupiah Melemah ke Rp14.620 per dolar AS Hari Ini (16/4)

Bagaimana? Sudah tahu kan perbedaan e-wallet dan e-money? Meskipun sama-sama digunakan untuk bertransaksi digital, kamu bisa pilih e-wallet bila ingin top-up saldo lebih besar. Tentunya, dengan menyimpan saldo kamu di e-wallet, kamu bisa belanja apapun dan kapapun dengan mudah tanpa harus membawa dompet kemana-mana.

ADVERTISEMENT

Baca berikutnya: Bank Indonesia Bakal Keluarkan Mata Uang Digital

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

MUI Sulsel Rilis Maklumat Non-Muslim Masuk Masjid, Simak Isinya

MUI Sulsel merilis maklumat soal non-muslim masuk masjid. Ini sebagai respons atas pertanyaan-pertanyaan masyarakat.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT