fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jangan Memaksa, Ini 6 Tips Hadapi Orang yang Ragu dengan Vaksin Covid-19

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Pemerintah terus mendorong pelaksanaan vaksinasi sebagai salah satu upaya untuk mengatasi pandemi akibat virus Corona.

Namun, meskipun pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk menekan penularan Covid-19, tanpa kerja sama masyarakat tentunya akan sulit untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok untuk menghadapi pandemi.

Hingga saat ini masih ada sebagian orang yang skeptis atau ragu terhadap vaksin Covid-19. Untuk menghadapi mereka sebaiknya jangan langsung memaksakan pendapat, karena akan semakin mendapat pertentangan.

ADVERTISEMENT

Berikut tips menghadapi orang yang ragu dengan vaksin Covid-19 seperti dilansir dari CNBC Indonesia:

Baca juga:  Isi Hari Libur Dengan Membaca, Ini Manfaatnya

Berempati dengan nilai-nilai yang mereka yakini

Tunjukan rasa empati. Misalnya saat ada yang mengeluh sulit melakukan berbagai aktivitas akibat Covid-19. Pasa saat itu tunjukan rasa empati serta berikan pemahaman tentang manfaat dari vaksin untuk mengatasi pandemi.

ADVERTISEMENT

Jangan memotong lawan bicara

Ketika diskusi tentang vaksin Covid-19 mulai berlangsung, upayakan jangan mendominasi percakapan. Hindari pula terlalu cepat mengoreksi pendapat mereka bahkan memotong pembicaraannya. Karena hal ini justru bisa membuat pertentangan semakin besar.

Baca juga:  Mulai Kolaps, Perhotelan Bersiap PHK Karyawan

Bantu mereka agar merasa berdaya

ADVERTISEMENT

Membantu mereka yang ragu akan vaksin agar merasa berdaya adalah salah satu pendekatan yang dapat dilakukan. Caranya, dengan menyemangati dan mengingatkan bahwa mereka bisa membantu mengubah situasi, baik untuk diri sendiri maupun keluarga dengan mendapatkan vaksin.

Jangan fokus pada mitos

Banyak informasi hoax hingga mitos yang beredar di tengah masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan penjelasan untuk meluruskannya. Namun, dari pada membahas mitos terlalu mendalam sebaiknya fokus pada meluruskan misinformasi yang terjadi.

Asumsikan mereka akan menerima vaksin

Baca juga:  Pemprov Sulsel Datangkan Dua Alat Pendeteksi Omicron

Gunakan metode komunikasi presumtif, yakni pendekatan komunikasi dengan membuat penyataan atau presumsi (dugaan) telah terbukti berhasil di lingkungan klinik kesehatan dan bisa jadi juga efektif dalam komunikasi antarpribadi.

Jangan berkecil hati

Jika semua upaya telah dilakukan namun belum berhasil, itu bukanlah kesalahan mu. Jangan menyerah untuk tetap mengedukasi orang-orang di sekitar mu yang masih ragu terhadap vaksin demi hidup damai berdampingan dengan Covid-19.

Baca berikutnya: Capaian Vaksin Dosis Pertama di Sulsel 34,45 Persen

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Panwascam Berpengalaman di Pemilu Jadi Prioritas di Pilkada Serentak 2024 Sulsel

Bawaslu Sulsel berkomitmen untuk memprioritaskan Panwascam berpengalaman dalam Pemilu Februari untuk Pilkada Serentak 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT